Analisis sikap dan perilaku penghematan listrik

Lalu, sebanyak 80,9 persen rumah tangga pengguna listrik PLN tersebut, memasang daya kurang dari watt. Hal itu disampaikan oleh Agus Joko Pitoyo, M. Sebagian besar rumah tangga menganggap pemasasangan daya watt cukup untuk memenuhi kebutuhan energinya sehingga tidak perlu memasang daya lebih besar lagi. Besar daya listrik yang terpasang dapat memengaruhi perilaku rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari.

Analisis sikap dan perilaku penghematan listrik

Organisasi Garis Merupakan bentuk organisasi tertua dan paling sederhana, diciptakan oleh Henry Fayol. Ciri-ciri bentuk organisasi ini yaitu organisasinya masih kecil, jumlah karyawan sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.

Kesatuan komando terjamin sepenuhnya karena pimpinan berada pada satu tangan. Garis komando berjalan secara tegas, karena pimpinan berhubungan langsung dengan bawahan. Proses pengambilan keputusan cepat. Karyawan yang memiliki kecakapan yang tinggi serta yang rendah dapat segera diketahui, juga karyawan yang rajin dan malas.

Seluruh organisasi tergantung pada satu orang saja, apabila dia tidak mampu melaksanakan tugas maka seluruh organisasi akan terancam kehancuran. Adanya kecenderungan pimpinan bertindak secara otokratis. Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas.

Organisasi Garis dan Staf Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang kepada pejabat pimpinan di dalam organisasi.

Dapat digunakan dalam organisasi yang besar maupun kecil, serta apapun tujuan perusahaan.

Citations (11)

Terdapatnya pembagian tugas antara pimpinan dengan pelaksana sebagai akibat adaya staf ahli. Bakat yang berbeda yang dimiliki oleh setiap karyawan dapat ditentukan menjadi suatu spesialisasi. Prinsip penempatan orang yang tepat pada posisi yang tepat pula. Pengambilan keputusan dapat cepat walaupun banyak orang yang diajak berkonsultasi, karena pimpinan masih dalam satu tangan.

Koordinasi lebih baik karena adanya pembagian tugas yang terperinci. Semangat kerja bertambah besar karena pekerjaannya disesuaikan dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki.

Rasa solidaritas menjadi berkurang, karena karyawan menjadi tidak saling mengenal. Perintah-perintah menjadi kabur dengan nasehat dari staf, karena atasan dengan staf dapat terjadi adanya perintah sendiri-sendiri padahal kewenangannya berbeda.

Koordinasi kurang baik pada tingkat staf dapat mengakibatkan adanya hambatan pelaksanaan tugas. Organisasi Fungsional Organisasi yang disusun atas dasar yang harus dilaksanakan. Organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas.

Pembidangan tugas menjadi lebih jelas. Spesialisasi karyawan lebih efektif dan dikembangkan. Solidaritas kerja, semangat kerja karyawan tinggi. Koordinasi berjalan lancar dan tertib. Karyawan terlalu memperhatikan bidang spesialisasi sendiri saja b.

Koordinasi menyeluruh sukar dilaksanakan. Menimbulkan rasa kelompok yang sangat sempit dari bagian yang sama sehingga sering timbul konflik.

Organisasi Panitia Organisasi dibentuk hanya untuk sementara waktu saja, setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut. Segala keputusan dipertimbangkan masak-masak dalam pembahasan yang dalam dan terperinci.

Kemungkinan pimpinan bertindak otoriter sangat kecil. Koordinasi kerja telah dibahas oleh suatu team. Proses pengambilan keputusan memerlukan diskusi yang berlarut-larut yang menghambat pelaksanaan tugas.

Tanggung jawabnya tidak jelas, karena tanggung jawabnya sama. Kreatifitas karyawan terhambat dan sukar untuk dikembangkan, karena faktor kreatifitas lebih dipentingkan.

Organisasi Formal dan Informal Ragam arti organisasi banyak sekali seperti organisasi statis, organisasi dinamis, organisasi formal, organisasi informal, organisasi tunggal, organisasi jamak, organisasi daerah, organisasi regional, organisasi negara, organisasi internasional dan lain sebagainya.

Ada beberapa saja yang akan dibahas di sini, yaitu: Yaitu gambaran skematis hubungan-hubungan kerjasama yang terdapat dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan. Yaitu kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema organisasi, mengadakan departementasi dan menetapkan wewenang, tugas dan tanggung jawab.Analisis Sikap Dan Perilaku Penghematan Listrik Pada Sektor Rumahtangga Di Kota Bogor.

ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU PENGHEMATAN LISTRIK PADA SEKTOR RUMAHTANGGA DI KOTA BOGOR ANGGI MAYANG SARI DEPARTEMEN ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR PERNYATAAN MENGENAI SKRIPSI DAN SUMBER INFORMASI Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi Analisis Sikap.

pertanyaan dan wawancara mendalam. Analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih Perilaku (sikap yang diungkapkan dalam bentuk tindakan) warga masyarakat 3 Penghematan energi listrik 10 24 4 Penghematan air bersih 19 Scribd is the world's largest social reading and publishing site.

PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN MASYARAKAT merupakan salah satu upaya perilaku ramah lingkungan yang dapat dilakukan masyarakat untuk berpartisipasi menjaga listrik, sumber energi listrik dan dampak pembangkit listrik berbahan bakar fosil terhadap lingkungan.

Affiliations

Pilihan yang bisa dilakukan masyarakat ialah melakukan efisiensi penggunaan listrik, mematikan peralatan listrik yang tidak dipakai seperti lampu penerangan, komputer kantor saat pulang kerja, dan pendingin ruangan.

dan guru Pengetahuan Memahami pengetahuan faktual tentang dirinya.

Analisis sikap dan perilaku penghematan listrik

santun. dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan di sekolah Keterampilan Menyajikan pengetahuan faktual tentang alam dalam bahasa yang jelasdan logis. dan dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat SD kelas Sikap Sosial Menghargai dan menghayati perilaku jujur.

dalam.

contoh perilaku hemat energi | Sahabat Air SMA Negeri 1 Purwosari